Blog

Tutorial Installasi Apache Hadoop 3.1.3 pada OS Linux Centos 7

kisspng-apache-hadoop-logo-big-data-data-analysis-hadoop-d-services-monitored-signalfx-5b62f0523cf851.4266811115332107062497

Pada tutorial kali ini saya mencoba mendokumentasi kan terkait dengan installasi Apache Hadoop pada centos 7.

Apa itu Hadoop?

Hadoop adalah software framework yang memungkinkan pemrosesan data berukuran besar secara terdistribusi dengan melibatkan berkluster-kluster komputer. Hadoop didesain untuk dapat bekerja secara efektif baik dalam skala terkecil yang hanya melibatkan satu server hingga skala besar yang memperkerjakan ribuan komputer dimana masing-masing komputer tersebut memfasilitasi komputasi dan penyimpanan data secara lokal.

Untuk menjamin High Availability, Hadoop tidak menggantungkannya pada hardware yang digunakan, tetapi framework Hadoop itu sendiri telah didesain untuk dapat mendeteksi dan menangani gagal fungsi (failure) pada level/layer aplikasi (1)

Continue reading Tutorial Installasi Apache Hadoop 3.1.3 pada OS Linux Centos 7

Tutorial Clustering Database dengan Galera MariaDb pada OS Linux Centos 7

1_Z393kUKv-1sQPw2fa_yzNw

Pada tutorial kali ini saya mencoba mendokumentasi kan terkait dengan pembuatan cluster database dengan konsep replikasi. Dimana fungsi replikasi disini berguna  sebagai backup atau dimanfaatkan untuk service-service tertentu, agar database yang digunakan tidak saling terganggu.

Tujuan dari cluster database agar mendapatkan High Availibity dari database server sehingga dapat meningkatkan layanan ketersediaan pada database tersebut.

Skenario yang akan dibuat menggunakan server dengan OS linux Centos 7 dan list servernya sebagai berikut :

  1. Server1 DB1 set ip = 192.168.33.71
  2. Server2 DB2 set ip = 192.168.33.72
  3. Server3 DB3 set ip = 192.168.33.73

Continue reading Tutorial Clustering Database dengan Galera MariaDb pada OS Linux Centos 7

Belajar Dasar Pemrograman Python part-2

python-logo

Pada Part-1 kita telah telah mengenal dan melakukan tahapan installasi python menggunakan minicona dan beberapa cara import modul. pada pembahsan kali ini kita akan membahas sedikit dasar-dasar ptyhon berikut nya seperti type data, fungsi dan lainnya.

sebagaimana pemrograman pada umumnya type data yang digunakan sebagai berikut :

  • Karakter
  • Numerik

Continue reading Belajar Dasar Pemrograman Python part-2

Belajar Dasar Pemrograman Python part-1

python-logo

Python adalah bahasa pemrograman yang kuat dan mudah dipelajari. Ini memiliki struktur data tingkat tinggi yang efisien dan pendekatan yang sederhana namun efektif untuk pemrograman berorientasi objek. Sintaksis Python yang elegan dan pengetikan dinamis, bersama dengan sifatnya yang ditafsirkan, menjadikannya bahasa yang ideal untuk skrip dan pengembangan aplikasi yang cepat di banyak area di sebagian besar platform.

Python mudah digunakan, tetapi ini adalah bahasa pemrograman nyata, menawarkan lebih banyak struktur dan dukungan untuk program besar daripada script shell atau file batch. Di sisi lain, Python juga menawarkan pemeriksaan kesalahan jauh lebih banyak daripada C, dan, karena Python merupakan bahasa tingkat sangat tinggi , ia memiliki tipe data tingkat tinggi yang tertanam di dalamnya, seperti array dan library yang fleksibel. Karena tipe datanya seperti pada umum, Python dapat diterapkan pada domain masalah yang jauh lebih besar.

Continue reading Belajar Dasar Pemrograman Python part-1